RSS

SIKLUS PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI

12 Mar
—SIKLUS PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI – LANJUTAN
KASUS : PROBLEM 11.5
—1. Ayub Sukresno             3109 23152
—2. Fitriana Zeni F.  3109 23160
—3. Yunisa Nurindah  3109 23162
—4. Evan Andros S.                     110922999
—
—
—TAHAP – TAHAP PENGEMBANGAN SISTEM

 

1.Analisis Sistem
2.proses rancangan sistem konseptual
3.proses rancangan sistem fisik
4.implementasi sistem dan proses konversi
5.operasi dan proses pemelihara

 

—1.Analisis Sistem
—Langkah – langkahnya yaitu :
1.Penyelidikan awal
2.Survey Sistem
3.Study kelayakan
4.Kebutuhan informasi dan syarat sistem
5.Kebutuhan informasi dan syarat sistem

 

 

—2. proses rancangan sistem konseptual
—Pada tahap ini kerangka umum dikembangkan untuk mengimplementasi kebutuhuan pengguna dan menyelesaikan masalah yang telah diidentifikasi pada tahap  analisis
—Tahapan pada rancangan konseptual:
a)Mengevaluasi alternatif rancangan
b)Menyiapkan spesifikasi rancangan
c)Menyiapkan laporan rancangan sistem konseptual

 

—Desain konseptual desain
—a. Evaluasi sistem alternatif
1.Seberapa baik sistem tersebut mempertemukan antara organisasi dengan tujuan – tujuannya.
2.Seberapa baik sistem tersebut memenuhi kebutuhan pengguna
3.Apakah sistem tersebut cukup ekonomis
—b.Menyiapkan spesifikasi desain
—Dari berbagai desain sistem alternatif, harus dipilih salah satu, pemilihan desain sistem tersebut didasarkan atas beberapa spesifikasi – spesifikasi yang memuat beberpa elemen, yaitu :
1.Output
2.Penyimpan data
3.Input
4.Prosedur proses dan operasi

 

—c.Menyipakan laporan  konseptual desain sistem
—Merupakan tahap akhir dari rancangan konseptual, tujuannya:
1.Sebagai petunjuk awal dalam aktifitas rancangan sistem fisik
2.Untuk mengkomunikasikan kebutuhan manajemen dan pemakai informasi
3.Untuk membantu menaksir apa yang mungkin akan terjadi dalam sistem
—
—3.sistem fisik desain aktivitas
—Sistem desain fisik merupakan penejelasan secara luas dari konseptual desain tentang kebutuhan para pengguna sistem informasi yang dijelaskan secara terperinci tentang bagaimana menggunakan dan menilai suatu program komputer.
—
—Desain sistem fisik
—a.Desain Output
—Tujuan desain output adalah untuk menentukan karakteristik dari sebuah laporan, dokumen, dan tampilan laporan
—Hasil output, sesuai dengan salah satu kategori – kategori berikut :
1.Laporan jadwal
2.Analisis tujuan spesifik
—b. Desain File dan data base
—Pertimbangan – pertimbangan dalam penyusunan desain file dan data base :
1.media penyimpanan
2.pengorganisasian dan akses
3.bentuk pemprosesan
4.perawatan
5.ukuran dan tingkatan aktivitas
—
—c. Desain input
—Sebelum membuata desain input, telebih dahulu team penyusun desain mengidentifikasi perbedaan tipe data input dan metode input yang optimal
—Dua prinsip data input :
1)Bentuk isian hard copy
2)Bentuk isian soft copy
—
—d. Desain Program
—Merupakan aktivitas yang paling banyak memerlukan banyak waktu dalam sdlc
—Harus didesain menjadi sub – sub yang lebih kecil, dan harus didesain dengans seksama untuk mengurangi kerumitan
—
—e. Desain Prosedur
—Desain prosedur harus bisa menjawab pertanyaan : apa, siapa, dimana, dan bagaimana sehubungan dengan aktifitas SIA
—Prosedur apa yang harus dibahas :
i.Menyiapkan input
ii.Pemprosesan transaksi
iii.Deteksi kesalahan dan pembetulan
iv.Kontrol
v.Neraca rekonsiliasi
vi.Akses database
vii.Persiapan output dan distribusi
viii.Instruksi penggunaan komputer
—
—f.Laporan Desain
—Laporan ini menjadi dasar bagi manajemen dalam proses pengambilan keputusan untuk pemprosesan fase implementasi
—
—

4.Implementasi Sistem Dan Konversi

—Adalah proses pemasangan harware dan software serta penjalanan sia

 

—
—Tahap – tahap Implementasi Sistem :

1.Perancangan Implementasi → tugas implementasi, jadwal implementasi, perkiraan biaya, penanggung jawab

2.Pengembangan dan uji coba software

a)Menentukan kebutuhan pemakai
b)Rencana pengembangan
c)Menulis progam
d)Uji coba progam
e) Pendokumentasian progam
f)Meneliti pemakai
g)Install dan digunakan

3.Memilih dan melatih pemakai → pemakai sistem perlu dilatih agar dapat menggunakan dengan benar

—
—Lanjutan…

4. Dokumentasi

Tipe dokumentasi :

a)Dokumentasi pengembangan → berisi penjelasan sistem , salinan output, input, file dan database, flowchart progam dan hasil uji coba.
b)Dokumentasi operasi → penjadwalan operasi, hasil akses file, dan database, alat yang digunakan, keamanan dan penyimpanan file.
c)Dokumentasi pemakai → prosedur manual dan materi pelatihan.

5. Melakukan uji coba → sistem harus diuji coba terlebih dahulu sebelum dijalankan, meliputi: walkthrough, proses uji coba, dan penerimaan uji coba

—
—

6.Konversi → perubahan dari cara lama ke cara baru. Ada empat pendekatan. Yaitu :

1.Konversi Langsung
2.Konversi Paralel

 

—

3. Konversi Bertahap

 

 

 

 

—4.  Konversi Pilot
—

 

—
—5. Operasi Dan Pemeliharaan
—Sebuah post implementasi harus diarahkan pada sebuah sistem baru yang baru saja diterapkan
—
—Faktor apa saja yang perlu dipertimbangkan dalam peninjauan post implementasi :
1.Maksud dan tujuan
2.Sasaran
3.Keuntungan
4.Biaya
5.Keandalan
6.Pendokumentasian
7.Waktu
8.Kontrol dan keamanan
9.Kesalahan
10.Latihan
11.Komunikasi
12.Perubahan organisasional
13.Akurasi
14.Kesesuaian
—Alasan mengapa sistem perlu dirawat karena beberapa hal yaitu:
1.Sistem mengandung kesalahan yang dulunya belum  terdeteksi, sehingga kesalahan sistem perlu diperbaiki
2.Sistem mengalami perubahan-perubahan karena permintaan baru dari pemakai sistem
3.Sistem mengalami perubahan lingkungan luar
4.Sistem perlu di tingkatkan
—KASUS 11.5
—Perusahaan telah menggunakan sistem manajemen database dalam siklus pendapatan perusahaan dan saat ini mulai mengembangkan REA data model.
a)Informasi yang diperlukan untuk mengubah sistem pada F11-13:
1.Perusahaan menggunakan metode garis lurus.
2.Pelanggan dapat membayar semua maupun dengan kredit dari tagihan tiap bulan untuk setiap transaksi.
3.Tidak ada order tambahan.
4.Perusahaan ingin memantau kinerja customer service dalam menanggapi permintaan pelanggan
—lanjutan

5. Perusahaan ingin mencantumkan retur pembelian. Pelanggan dapat mengembalikan barang yang tidak disukai dan menukarnya dengan uang. Dalam kasus ini perusahaan harus mengidentifikasi barang mana yang dikembalikan dan alasan pengembalian. Diperlukan juga untuk menulis identitas karyawan yang menerima retur dan jumlah bon yang disesuaikan pada account pelanggan. Dalam kasus tertentu pelanggan dapat memilih untuk menyimpan barang yang rusak dan mendapatkan pengembalian uang sebesar pembelian.

6. Perusahaan menjual barang dan jasa, misal informasi tentang servis disimpan dalam tabel servis. Contaoh lain, misal penjualan dapat melibatkan barang dan jasa, barang saja atau jasa saja.

—
—lanjutan

b.  Daftarlah atribut yang berkaitan dengan customer service event. Identifikasi atribut apa yang harus dijadikan primary key jika ada dan foreign key.

c.  Daftarlah atribut apa saja yang terdapat dalam retur penjualan.

—
—Kasus 11.5

 

Perusahaan telah menggunakan sistem manajemen database dalam siklus pendapatan perusahaan dan saat ini mulai mengembangkan REA data model.

 

 

 

—
—

a. Informasi yang diperlukan untuk mengubah  sistem pada F11-13:

1.  Perusahaan menggunakan metode garis lurus.

2.  Pelanggan dapat membayar semua maupun   dengan kredit dari tagihan tiap bulan untuk   setiap transaksi.

3.  Tidak ada order tambahan.

4.  Perusahaan ingin memantau kinerja customer   service dalam menanggapi permintaan pelanggan.

—
—
—Lanjutan…..

5.  Perusahaan ingin mencantumkan retur pembelian.   Pelanggan dapat mengembalikan barang yang tidak   disukai dan menukarnya dengan uang. Dalam kasus   ini   perusahaan harus mengidentifikasi barang   mana   yang   dikembalikan, jumlah yang   dikembalikan,  dan alasan pengembalian.   Diperlukan   juga untuk menulis identitas karyawan   yang   menerima retur dan jumlah bon yang   disesuaikan pada   account pelanggan. Dalam kasus   tertentu pelanggan dapat   memilih untuk   menyimpan barang yang rusak dan   mendapatkan pengembalian uang sebesar pembelian.

6.  Perusahaan menjual barang dan jasa, misal informasi   tentang servis disimpan dalam tabel servis. Contaoh   lain,   misal penjualan dapat melibatkan barang dan   jasa, barang   saja atau jasa saja.

—
—

b. Daftarlah atribut yang berkaitan dengan customer service event. Identifikasi atribut apa yang harus dijadikan primary key jika ada dan foreign key.

c. Daftarlah atribut apa saja yang terdapat dalam retur penjualan.

 

—
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 12/03/2013 in SIA

 

Tag: , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: